Cuma Keluyuran

Bukan Jalan-Jalan Cuma Keluyuran

Breaking

Post Top Ad

Your Ad Spot

Minggu, 26 Juli 2015

Serunya Piknik di Danau Dora, Ecopark Cibinong

Santai Sore di Danau Dora
#CumaKeluyuran | Edisi keluyuran kali ini saya akan mengulas tempat kece di daerah Cibinong, Bogor - Jawab Barat. Yup.. Danau Dora! Sebetulnya gagasan untuk main ke Danau Dora udah lama banget tapi baru terelasisasi beberapa minggu yang lalu. Tanpa ba-bi-bu & ono ini ono, saya menghimpun geng seperumahan yang hari itu emang available untuk diajak keluyuran ke Danau Dora. Taraa... Alhamdulillah, 5 (lima) orang teman seperumahan saya terjaring dan bisa join keluyuran ke Danau Dora. 

Nah.. ini juga bisa dilakukan lho sama kamu yang kalo weekend bingung mau kemana? tapi bosen cuma main ke mall atau cuma diem di rumah aja. Modalnya cuma 2 (dua): punya akses internet dan kemauan aja kok. 
  1. Sehari sebelumnya kamu sudah mulai browsing tempat-tempat asik di dekat rumah yang bisa dijangkau dan di-'tektok' dalam sehari (tentunya yang berhubungan dengan alam/ budaya)
  2. Usahakan cari tempat yang jarak & waktu tempuhnya nggak terlalu lama (2-3 jam perjalanan, max: 3jam)
  3. Terus himpun deh teman-teman kamu yang satu visi & misi alias suka keluyuran/ backpacker-an, biar ngga terlalu ribet pas diperjalanan
Dan ini sering kami lakukan, tiba-tiba lagi ngumpul terus yuk pergi kemana gitu. Cuus aja jalan! Hehehe.. Karena trip dadakan itu asyiiik gaes!

AWAL PERJALANAN 

Sebelum perjalanan dimulai, seperti biasa lah kami ada sesi briefing terlebih dahulu di basecamp tercinta a.k.a Pos Ronda. Briefing dimulai dari jam 9 pagi sampai dengan Azhan Zuhur. Hah itu briefing apa rapat kabinet? Hahaha... Itu sih bukan briefing tapi ngomong ngelantur ngalor ngidul, nggak jelas, nggak ada juntrungannya dimana didalamnya ada ghibah-in orang, rencana perjalanan dll. 

Intinya di dalam briefing tadi kami sepakat untuk piknik ala-ala di Danau Dora. Karena ini piknik tentu ada pembagian siapa yang bawa alat masak, alas buat duduk/tiker & bahan logistik buat makanan. Perlu diingat, disini kita bukan lagi mau nge-camp dua hari satu malam di gunung gitu ya, jadi nggak usah terlalu ribet ya gaes.. Apalagi bawa keril yang menjulang tingginya. Cukup bawa seperlunya aja.

DIMANA DANAU DORA?
View Danau Dora (Source : Hellobogor)
Kalau ditanya lokasi nya dimana? Wassalamualaikum.. Patokannya apa? Nggak tau. Kami berlima cuma bermodal GPS dan browsing dari beberapa review blog yang mengulas tentang Danau Dora. Sebetulnya rasa penasaran saya buat main danau ini lebih karena mau pikniknya : gelar tiker, makan bareng-bareng sambil cerita-cerita di alam bebas plus ditemani segelas kopi hangat. Ajib kan tuh? Kamu pasti udah lama banget kan, nggak melakukan hal ini? Sekali-sekali coba deh piknik ala-ala kayak saya gini. Seolah-olah mengingatkan kita ke masa jaman masih sekolah dulu 'ngariung'! Sangat menyenangkan bukan..?

Danau cantik ini berada di daerah Cibinong, kalau kamu mau main kesana patokannya komplek LIPI-Bakosurtanal. Dari depan gapura, kamu masuk aja lurus mentok sampai ujung ketemu kolam besar yaitu Danau Dora.

SEJARAH 

Bercerita sedikit tentang danau buatan ini, Danau Dora terletak di lingkungan Eco-park Cibinong Science Centre. Dengan luas wilayah  23 hektar taman ini memiliki konsep ruang terbuka yang ramah lingkungan. Di dalamnya berisi koleksi beberapa tumbuhan dataran rendah. tingginya masih sekitar 1- 3 meter. Mirip dengan Kebun Raya Bogor. 

Agak menggelitik sih sebenernya kenapa juga harus dikasih nama Danau Dora? Kalau dari beberapa literatur yang saya baca, konon dulunya pas jaman pembuatan danau ini banyak anak-anak yang main ke danau ini dan pada saat itu film Dora The Explorer lagi happening banget maka jadinya danau ini lebih dikenal dengan sebutan Danau Dora. Mudah-mudahan ada korelasinya lah ya.. Wallahu'alam.. Hehehe..

PERJALANAN MENUJU DANAU 

Tepat jam 1 siang kami memulai perjalanan. Berangkat dari kediaman kami di daerah Pamulang - Tangerang Selatan, kami mengambil rute melalui daerah Parung, Bogor. Buat yang belum pernah kesana sekali pun sebetulnya gampang kok untuk menemukan lokasi danau ini. Setelah melewati underpass Bogor kamu akan bertemu dengan per-empat-an, ambillah jalur ke kiri arah Cibinong. Ikuti jalannya, luruuuss ke arah PEMDA Bogor (tanpa belak-belok ya. hehe..). Patokannya komplek LIPI-Bakosurtanal (Badan Koordinasi Survei dan Pemetaan Nasional), kalau kamu dari arah Parung posisi plang LIPI berada di kanan jalan. Gunakan waze/ google map untuk mempermudah perjalanan kamu. Pengalaman saya menggunakan google map/waze, beberapa kali di tengah perjalanan mengalami lost connection. Yah kalo udah kayak gini tanya sama penduduk setempat adalah solusinya. Dijamin helpfull banget kok.

Nggak butuh waktu yang lama, kami sudah sampai di danau cantik ini. Kurang lebih 1,5 jam perjalananlah. Memasuki kompleks LIPI rimbunnya pohon akan menemani kamu di sepanjang tepi kanan & kiri jalan kamu. Segeeerrr.. Untuk masuk ke Danau Dora pengunjung tidak dikenakan tarif alias FREE, kamu cukup membayar biaya retribusi parkir aja sebesar IDR 2.000 sama petugas jaganya.

Dari atas lahan parkir ini, kamu sudah bisa melihat keseluruhan area Danau Dora. Ciamiiik...! Melangkah kaki dari parkiran motor menuju kolam buatan ini sangat menyenangkan. Suasanayang sangat asri akan membuat kamu betah berlama-lama di danau ini. Di danaunya sendiri banyak terdapat ikan dan tumbuhan teratai. Selain itu di area tamannya juga banyak ditumbuhin tanaman & pohon tropis yang ditata rapi.
Tumbuhan Teratai di Danau Dora
Di atas danau ini juga terdapat sebuah jembatan kayu untuk menghubungkan dengan taman. Nah.. disini biasanya jadi spot paling popular buat foto-foto. Buat kamu yang punya hobi fotografi atau selfie cocok banget deh. Sayangnya pas kemarin kesana nggak sempat mengabadikan moment di jembatan ini karena situasinya crowded banget sama pengunjung.

Selain dijadikan dengan tempat wisata edukatif, Danau Dora juga sering dijadikan tempat photo prawedding lho. Pas kemarin kesana pun, saya mendapati sepasang muda-mudi calon pengantin yang melakukan sesi photo prawedding. Oenyu! Karena ini ruang terbuka untuk umum sudah pasti ramee banget. Apalagi menjelang sore danau ini makin ramai.

Piknik Ala-ala
Berhubung cuacanya masih lumayan terik, saya dan teman-teman buru-buru cari tempat berteduh akhirnya kami memutuskan untuk gelar alas duduk di area dekat ujung danau. Ya, karena tujuan utamanya buat gegelaran tiker + masak-masakan, yaudah langsung aja dikeluarin semua perkakas yang udah kami siapkan dari rumah. Mulai dari kompor portable, cooking set, peralatan makan minum & bahan makanan. Wedeeh... Piknik ala-ala banget! Usut punya usut ternyata cuma kami aja yang piknik sambil masak-masakan gini. Pantes aja sempat jadi pusat perhatian, tapi karena udah muka badak bin tembok jadi cuek-cuek aja yang penting asiiik. Hehehe...

Sayangnya disini banyak banget pengamen dan cukup mengganggu, bisa dibilang sih rada ngeselin karena agak maksa gitu minta uangnya. Asli deh.. Bikin jadi nggak nyaman! Ada plus minusnya lah kalau lagi liburan gitu, so far sih sore itu saya tetap menikmati piknik ala-ala bersama sahabat kecil. Makin sore makin ramai, sebelum pulang kami sempatkan foto-foto bareng pakai si tongkat ajaib (tongsis).. Yeaaay! 

Narsis time, takut dibilang hoax kalau nggak ada penampakannya.
Narsis Sebelum Pulang
Tongsis Bermain
Seolah Candid, Padahal?
Lebih nikmat, ada baiknya datang kesini di pagi atau sore hari. Udaranya masih sejuk karena banyak pepohonan disekitarnya. Danau Dora bisa jadi rekomendasi buat kamu dan sahabat terdekatmu untuk menghabiskan liburan di akhir pekan. Bener kan? Liburan itu nggak butuh budget mahal!

Salam, 
Selamat Keluyuran...

FYI
Total COST
Tiket Masuk : IDR 2 K (Parkir Only) per motor
Bahan Makanan dll : IDR 100.000 dibagi 6 orang 

17 komentar:

  1. Kalau Danau Dore baru pertama kali membacanya,,, pasti seru ya bisa jalan-jalan ke sana....

    BalasHapus
    Balasan
    1. @Bangmisno ini lokasinya di Cibinong kang, nggak jauh kok...

      Hapus
  2. Nice share, saya bikin video travel gatel-nya deh buat YouTube. 😊

    BalasHapus
  3. Perkenalkan, saya dari tim kumpulbagi. Saya ingin tau, apakah kiranya anda berencana untuk mengoleksi files menggunakan hosting yang baru?
    Jika ya, silahkan kunjungi website ini www.kumpulbagi.com untuk info selengkapnya.

    Di sana anda bisa dengan bebas share dan mendowload foto-foto keluarga dan trip, music, video, filem dll dalam jumlah dan waktu yang tidak terbatas, setelah registrasi terlebih dahulu. Gratis :)

    BalasHapus
  4. Ih ngerii banget tmptnya jd pgen ksna....

    BalasHapus
  5. Ih ngerii banget tmptnya jd pgen ksna....

    BalasHapus
  6. Kalo mau naik transportasi umum gimana ya ? Naik Commuterline dan angkot misalnya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Coba tonton di https://youtu.be/-yX3RWtsCWQ

      Hapus
    2. commuter bisa turun di stasiun cibinong, lalu naik angkot kecil atau besar apa aja yang ke arah bogor bilang turun di bakosurtanal (dekat, bayar 4ribu), lanjut jalan kaki ke dalamnya 10 menit.

      atau bisa naik Miniarta jurusan Kampung rambutan - Bogor, turun di bakosurtanal.

      *bakosurtanal itu pertigaan tak jauh dari lampu merah pemda cibinong, masih di jalan raya bogor.

      Hapus
  7. lgs ngebayangin ke tempat ini sambil bawa peralatan BBQ portable, trus ngegrill daging kayak di resto All You Can Eat hihihihi... tapi kalo pengamennya banyak, agak mengganggu sih yaaa. apalagi kalo sampe maksa kayak mas bilang :( .

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya Mbak, kurang nyaman. Gatau juga kalau sekarang sih

      Hapus
  8. Kangen banget bisa keluar kota dadakan, agendanya cuma piknik dan goleran di tikar. Bener2 ganti suasana dan menghilangkan stres deh!

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sama Mbak, apalagi selama pandemik gini. Duh, tapi mau gimana lagi? Harus kesehatan tetap No. 1

      Hapus

Ada pertanyaan atau mau share pengalaman? Silahkan..

Post Top Ad

Your Ad Spot