Cuma Keluyuran

Bukan Jalan-Jalan Cuma Keluyuran

Breaking

Post Top Ad

Your Ad Spot

Sabtu, 25 Juli 2020

Situ Gintung Jadi Tempat Gowes Favorit Selama Masa Pandemik

Danau Situ Gintung
CumaKeluyuran | Gimana kabarnya hampir 4 (empat) bulan ini cuma stay di rumah aja? Pasti terbesit rasa bosan ya. Coba aja kita intip IG Stories teman-teman kita, tiba-tiba banyak yang jadi chef, pinter bikin kue, jago bikin dalgona coffee, jadi suka berkebun, rajin olah raga dan masih banyak lagi. Semua sah-sah aja bukan? apalagi positif. Banyak juga yang bilang, isi waktu dengan aktifitas model gini di masa pandemik penting banget biar kita tetap waras. Hehe.. 

Terus apa kabarnya tuh si penikmat senja, si anak gunung, si anak pantai, dan anak kuliner? Yang kalau udah mendekati waktu weekend, di grup whatsapp-nya selalu penuh sama percakapan, "Eh minggu ini lo mau kemana?", "Ada trip apa?", "Yuk ngopi ke sini!", Yuk hunting foto ke sini", mulai dari cuma wacana sampai yang jadi realita. Pasti untuk sementara waktu harus vakum dulu. 

Dan kayaknya kita semua nggak pernah terbayang sedikit pun ya harus diam di rumah dalam waktu yang lama. Berasa mimpi buruk, tapi jadi kenyataan. Sama kok saya juga gitu. Banyak agenda trip yang sudah di-plan jauh-jauh hari, tapi harus pupus. Ya gapapa juga, hikmahnya uangnya jadi bisa ditabung dulu 😁. 
Landscape
Semenjak pandemik corona ngerasa nggak sih kalau kita itu lebih aware sama kesehatan? Banyak kebiasaan baru kita yang punya impact positif sama diri sendiri. Hal-hal simple yang sebetulnya sudah diajarkan sejak kecil. Ya kita jadi rajin cuci tangan, dikit-dikit semprot hand sanitizer, makan-makanan sehat dan rajin olah raga. 

Masalahnya olah raga di masa pandemik itu susah-susah gampang. Apalagi pas masa Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) kemarin ruang gerak kita jadi lebih terbatas, banyak public area yang biasanya jadi tempat olah raga ditutup untuk sementara. 

Buat saya olah raga di masa pandemik penting banget. Selain menjaga sistem imun tubuh, biar nggak stress juga. Memang pilihannya nggak banyak tapi buat saya bersepeda salah satu yang paling simple untuk dilakukan. 

Enaknya karena bisa dilakukan kapan pun, mau pagi ataupun sore. Durasinya juga nggak perlu lama, cukup 1 jam aja yang penting rutin. Kamu bisa cari tempat yang sepi dan nggak terlalu jauh dari lingkungan rumah. Nah, selama PSBB kemarin saya sering banget main ke Danau Situ Gintung, Ciputat. Selain tempatnya teduh juga bikin relax

Lokasi Situ Gintung 
Buat warga Kampung Utan, Ciputat dan Pamulang pasti udah faham banget lokasi Situ Gintung, apalagi anak UIN. Danau ini berlokasi di daerah Ciputat Timur, Kota Tangerang Selatan, Provinsi Banten. Kalau kamu arahnya dari Lebak Bulus patokannya setelah lampu merah Rempoa - Ciputat maju sedikit, pintu masuknya sebelah kiri jalan (Jl Situ Gintung, seperti yang ada maps). Aksesnya hanya bisa dilalui oleh pengendara bermotor, pejalan kaki dan peseda saja. 

Atau kamu juga bisa masuk dari Kampus-2 Univ. Islam Negeri (UIN) Syariah Hidayatullah Jakarta, searah dengan RS Hermina Ciputat. Danaunya persis di belakang Kampus-2 UIN. Kalau saya paling sering lewat jalur ini. 
Map Situ Gintung
Beautiful Sunset of Situ Gintung
Jogging Track 
Danau seluas 21,4 ha (source: wikipedia) memang udah berubah banget dari sebelumnya. Kini Danau Situ Gintung jauh lebih tertata rapih. Sepanjang tepi danaunya terdapat jogging track yang asik banget buat kamu berolah-raga. Lebar jogging track-nya cukup untuk 2 orang pelari dari arah yang berlawanan. Jadi sangat nyaman kalau kamu lari atau bersepeda di sini. 
Beberapa Foto Saat Sepedaan di Situ Gintung 
Situ Gintung
Semenjak Corona memang beberapa tempat area terbuka jadi sepi pengunjung. Begitu pun Situ Gintung. Saat saya ke sana hanya ada beberapa  orang pelari saja. Jelas ini pemandangan yang berbeda 180° sebelum masa pandemik. Apalagi kalau weekend buat pesepeda mesti ekstra hati-hati karena sepanjang jogging track padat sama pangunjung lain yang berolah raga.

Seriously sepeda di sini bener-bener nge-resfresh banget sama semua kepenatan yang ada. Terasa sepi, sejuk, dan teduh. Sepanjang jalan kamu nggak akan pernah bosan karena mata kamu disuguhi sama pemandangan danaunya yang hijau dan pepohonan yang rimbun. 

Kalau sudah mengelilingi 2-3 putaran, biasanya saya suka beristirahat di area bebatuannya. Sembari duduk-duduk santai kayak gini. Ajib banget! Sesantai itu. Beruntung lagi kalau cuacanya lagi cerah kamu bisa dapat sunrise atau sunset yang aduhay banget. Dijamin sehat jasmani sama sehat pikiran juga.

Santai After Gowes
Kalau sekarang-sekarang ini di masa new normal Situ Gintung udah bener-bener back to normal. Terakhir ke sini 3 minggu lalu (hari Minggu sore) dan itu penuh banget pengunjung. Akhirnya saya harus puter balik dan cari rute yang lain. Hehe.. Tips-nya kalau kamu sepedaan di sini ambil waktu weekdays aja untuk menghindari kerumunan orang juga. Safety yang paling utama guys. 

Jadi kapan dong kita gowes bareng? Yuk! Mens Sana in Corpore Sano", dalam tubuh yang sehat terdapat jiwa yang kuat''

1 komentar:

  1. wah seger banget pemandangannya mas, sepertinya selain sehat, segala penat di kepala bakal hilang ye kalau gowes disitu.

    BalasHapus

Ada pertanyaan atau mau share pengalaman? Silahkan..

Post Top Ad

Your Ad Spot